PENIUPAN KEDUA DAN KEBANGKITAN SELURUH MAKHLUK SERTA BERKUMPULNYA MEREKA DI MAHSYAR

Pada tiupan kedua, bangkitlah seluruh makhluk untuk bersiap-siap memasuki alam padang Mahsyar di Akhirat.

Terompet atau Sangkakala adalah seruling yang bentuknya seperti tanduk basar yang siap ditiup oleh malaikat Isrofil yang menunggu kapan diperintahkan untuk meniupnya. Tiupan yang pertama adalah untuk mengejutkan manusia dan membinasakan mereka dengan kehendak Alloh subhaanahu wata’aalaa.

“Dan ditiuplah Sangkakala maka matilah semua yang di Langit dan di Bumi kecuali siapa yang dikehendaki oleh Alloh”. (QS. Az Zumar : 68)

Tiupan ini akan menimpa seluruh alam dengan guncangan yang keras dan hebat, sehingga merusak seluruh susunan alam yang sempurna ini. Ia akan membuat gunung menjadi rata dan melumat bumi dengan selumat-lumatnya, membuat laut saling beradu dan mengeluarkan api, bintang bertabrakan, matahari akan digulung, lalu hilanglah cahaya seluruh benda-benda di alam semesta, setelah itu keadaan alam semesta kembali seperti ketika awal penciptaannya. Alloh menggambarkan kedahsyatan saat kehancuran tersebut sebagaimana firman-Nya : “Hai manusia, bertaqwalah kepada Tuhanmu, sesungguhnya kegoncangan hari Kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat). (Ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat kegoncangan itu, lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya dan gugurlah kandungan segala wanita yang hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, akan tetapi azab Alloh itu sangat keras. (QS. Al Hajj : 1-2)

Sedangkan pada tiupan kedua adalah tiupan untuk membangkitkan seluruh manusia, “Dan tiuplah Sangkakala (kedua), maka tiba-tiba mereka keluar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Robb mereka”. (QS. Yaa Siin : 51)

Rosululloh shollalloohu ‘alaihi wasallam bersabda, “Kemudian ditiuplah Sangkakala, dimana tidak seorangpun yang tersisa kecuali semuanya akan dibinasakan. Lalu Alloh menurunkan hujan seperti embun atau bayang-bayang, lalu tumbuhlah jasad manusia. Kemudian Sangkakala yang kedua ditiup kembali, dan manusia pun bermunculan (bangkit) dan berdiri. (HR. Muslim)

(Lihat Syarh Lum’atul I’tiqod oleh Syaikh Utsaimin)

 

GRANADA Production Solo – Indonesia

Tentang manhaj3912

ana thoolibun jadiidun
Pos ini dipublikasikan di Kiamat dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s